Cara Melaksanakan Meningkatkan Secara Optimal Seo Onpage (Intermediate)

 Salah satu meningkatkan secara optimal website yang masih banyak tidak diketahui oleh pelaku SEO pemula adal Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage (intermediate)
Salah satu meningkatkan secara optimal website yang masih banyak tidak diketahui oleh pelaku SEO pemula yaitu meningkatkan secara optimal SEO onpage. Optimasi SEO onpage ini yaitu semua meningkatkan secara optimal yang sanggup anda lakukan pada website anda untuk menciptakan Google menyukai web anda.

Makara di sini akan dijelaskan secara sedikit demi sedikit apa yang sanggup anda lakukan untuk meningkatkan secara optimal onpage dari blog anda. Sayangnya artikel ini lebih sesuai untuk pelaku SEO intermediate level yang sudah punya beberapa pengetahuan SEO dasar. So, untuk yang benar-benar gres belajar SEO, mungkin sanggup mempelajari panduan ini dengan sangat perlahan dan membuka-buka link yang ada di dalam artikel ini.

Mari kita mulai.....

Optimasi SEO onpage yang dijelaskan di dalam artikel ini akan terbagi atas beberapa bab utama:
  • Optimasi pada bab head halaman web
  • Optimasi pada bab body halaman web
      • Optimasi halaman muka
      • Optimasi sitewide
      • Optimasi halaman artikel
  • Yang harus dihindari ketika melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO onpage

Artikel ini akan sangat lengkap membahas problem onpage, jadi bagi anda yang benar-benar mau serius meningkatkan kondisi dari website anda silahkan membaca secara perlahan biar anda sanggup melakukannya dengan benar.

Panduan ini berlaku untuk semua halaman web dan bukan hanya untuk blogspot saja. Makara setiap pemilik web silahkan mengusahakan biar webnya sesuai dengan petunjuk di bawah ini.

Optimasi Pada Bagian Head Halaman Web

Yang dimaksud dengan bab head dari halaman web yaitu bab yang di batasi oleh aba-aba <head> hingga </head> di dalam halaman web anda. Ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan di dalam bab head ini yaitu title tag dan meta description

Dua elemen ini saja yang perlu menjadi fokus utama dari bab head ketika menciptakan halaman web anda....

Title Tag

Ada banyak sekali orang yang menciptakan title tagnya menjadi sangat panjang, sanggup ada puluhan kata di dalam title tag. Ini bukanlah praktik yang baik alasannya yaitu semakin banyak kata di dalam title tag anda, maka setiap kata hanya akan mendapat poin yang kecil. Itu akan sangat mempersulit halaman web anda untuk menguasai kata kunci yang tertentu.

Title tag itu sebaiknya dibatasi 7-8 kata saja. Dan kalau anda masih punya agenda untuk mengangkat kata kunci yang lain, maka sebaiknya buat halaman gres yang ditujukan khusus untuk meningkatkan secara optimal kata kunci tersebut. Ingatlah untuk selalu memastikan tidak ada halaman web yang menggunakan title tag yang sama.

Yang perlu anda perhatikan yaitu type dari website anda. Apakah website anda membahas banyak niche atau fokus pada niche tertentu saja.

Kalau website anda yaitu website yang fokus pada niche tertentu, maka anda sanggup menggunakan title tag untuk kata kunci paling berat di dalam website anda. Ini berbeda dengan mereka yang menggunakan banyak sekali niche yang berbeda di dalam satu websitenya. Jika website anda merupakan adonan dari banyak niche, maka halaman home hanya sanggup menggunakan kata kunci yang umum. Kata kunci per nichenya sanggup anda fokuskan pada halaman kategori.

Kata kunci yang umum itu menyerupai "berita terbaru" atau "portal berita" atau cukup hanya berisikan nama domain saja.

Yang perlu anda ketahui ketika anda menciptakan website dengan banyak niche, maka anda sama saja menciptakan banyak website yang masing-masing berfokus pada satu niche. Jika anda menciptakan 5 niche berbeda, maka itu sama saja anda mengoptimasi 5 website yang berbeda. Jadinya akan sangat sulit untuk mengoptimasi banyak niche bersamaan di dalam satu domain. Satu sama lain akan saling mengaburkan fokus relevansi kata kunci di keseluruhan website.

Bagi anda yang pernah menciptakan website dengan niche yang bermacam-macam dan website dengan niche yang fokus, niscaya sanggup mencicipi beda tingkat kesulitan dalam optimasinya. Anda harus bekerja keras melaksanakan update artikel dan juga mencari backlink kalau nichenya campur aduk.

Saat menciptakan title tag di halaman artikel sebaiknya anda tidak perlu mengikutkan title tag dari halaman home atau merk anda. Kecuali anda memang berencana mengakibatkan merk anda menjadi kata kunci yang sanggup dicari orang suatu ketika nanti, maka silahkan mulai mengoptimasi merk menjadi kata kunci.

Rangkuman:
  • Optimasi SEO onpage untuk title tag itu sebaiknya maksimal 7-8 kata. Kalau ada banyak kata kunci yang ingin anda menangkan, maka buatlah artikel yang lain, itu akan jauh lebih mudah
  • Untuk website yang hanya membahas satu niche....kata kunci utamanya selalu dimasukkan di dalam title tag dari homepage. Sedangkan untuk website yang memiliki banyak niche, maka kata kunci utama untuk masing-masing niche difokuskan pada halaman kategorinya.
  • Jangan pakai merk di title tag, kecuali memang itu fokus dari bisnis anda. Misalnya crystal x, vimax, dll.
  • Pastikan tidak ada halaman yang menggunakan title tag yang sama.

Meta Description

Meta description yaitu meta tag yang diletakkan di dalam halaman untuk membantu Google memahami konten dari halaman anda. Sifat dari meta description yaitu rekomendasi, jadi Google tidak wajib menggunakannya. Terkadang Google menciptakan deskripsi sendiri. Makara bagi anda yang tidak memasang meta description, peluang untuk menjadi ranking 1 masih tetap ada.

Meta description ini hanya membantu anda menargetkan kata kunci yang benar-benar anda inginkan. Dan kalau Google oke dan menganggap rekomendasi anda relevan, maka meta anda akan digunakan. Perlu anda catat bahwa panjang maksimal dari meta description ini yaitu 150 karakter.

Apa fungsi dari meta description di dalam meningkatkan secara optimal SEO onpage?  Fungsinya yaitu memperluas sasaran kata kunci untuk variasi long tail keyword. Kata-kata yang anda masukkan ke dalam meta description sanggup diperhitungkan dalam peringkat kata kunci yang panjang. Misalnya anda yaitu perusahaan yang menjual kendaraan beroda empat dari banyak sekali perusahaan manufaktur, maka akan terlalu panjang kalau anda memasukkan semua merk dan type ke dalam title tag. Anda sanggup memasukkannnya ke dalam meta description.

Makara kalau di dalam meta description home anda sanggup memasukkan merek menyerupai toyota, honda, daihatsu, mitsubishi, dll, maka anda sanggup memasukkan type-type dari masing-masing merk kendaraan beroda empat ke dalam meta description dari halaman kategori. Misalnya untuk kategori kendaraan beroda empat toyota, sanggup anda masukkan di dalam meta descriptionnya type agya, avanza, rush, yaris, fortuner, dll.

Pastikan setiap kata yang anda masukkan ke dalam meta description ini relevan dengan konten halaman dan sanggup ditemukan di dalam halaman tersebut oleh pembaca.... minimal 3x pemunculan.

Rangkuman:
  • Atur penggunaan meta description anda untuk mendapat variasi kata kunci yang lebih luas
  • meta description maksimal 150 abjad dan relevan dengan konten halaman

Jika anda sanggup melaksanakan 2 pengaturan pada bab head dari halaman web anda ini dengan benar, maka anda sudah melaksanakan meningkatkan secara optimal yang sangat penting dari SEO onpage. Jangan hingga anda gagal melaksanakan bab yang ini atau meningkatkan secara optimal anda akan sangat berat.

Optimasi SEO onpage Pada Body Halaman Web

Setelah anda mengetahui bagaimana cara melaksanakan meningkatkan secara optimal pada bab head, maka kini anda sanggup mencoba melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO onpage pada bab body. Inilah bab yang akan ditampilkan di browser untuk para pengunjung website anda. Ada banyak sekali meningkatkan secara optimal penting yang harus anda perhatikan di sini. Jika salah melakukannya, maka relevansi website anda untuk kata kunci yang anda targetkan sanggup menjadi sangat lemah.

Optimasi untuk bab body ini menyangkut tiga bab utama, yaitu tampilan seluruh website (sitewide), tampilan khusus home dan tampilan khusus halaman artikel. Makara kini anda sanggup mencoba untuk mempelajari bagaimana cara menciptakan struktur halaman web anda yang menjadi lebih SEO friendly.

Optimasi SEO onpage sitewide (berlaku di semua halaman web)

Yang perlu anda perhatikan pada meningkatkan secara optimal SEO onpage di seluruh halaman web adalah:
  • Pastikan tidak ada link keluar yang berada di bab atas halaman. Banyak website melaksanakan kesalahan dengan meletakkan link media sosialnya di bab header. Link media umum ini sebaiknya diletakkan di bab sidebar kalau memang diperlukan
  • Pastikan link paling penting dari website anda dimasukkan ke dalam sajian header 
  • Sedapat mungkin tidak ada link keluar menuju halaman web yang tidak ada hubungannya dengan niche dari website anda. Misalnya website anda yaitu website otomotif, maka jangan memasang link menuju website kuliner.
  • Jangan menggunakan script yang waktu muatnya terlalu usang dan sanggup menghalangi pemuatan halaman anda, alasannya yaitu sanggup menghambat perayapan oleh robot. Makara pastikan halaman web anda sanggup dimuat dengan mudah.
  • Jika website anda memiliki banyak niche, maka sebaiknya memasang link dari top artikel masing-masing niche pada sidebar dari website
  • Pastikan hanya ada sebuah Heading 1 atau H1 atau heading utama di setiap halaman web anda, dan pastikan H1 itu memuat kata kunci utama dari halaman tersebut.
  • Sebaiknya link di setiap halaman itu dibatasi 50 saja dan semuanya saling relevan dengan konten dari halaman tersebut. Hanya saja untuk website yang memiliki banyak niche tentu ini akan menjadi masalah, dan sulit membatasi jumlah link di dalam satu halaman, jadi web menyerupai ini harus berpengaruh mendapat backlink 
  • Usahakan meletakkan link dari peta situs anda pada sajian header
  • SAAT INI PENCARIAN VIA MOBILE SUDAH LEBIH BESAR DARI PENCARIAN VIA PC DESKTOP JADI GUNAKAN THEME YANG MOBILE FRIENDLY ALIAS RESPONSIVE DESIGN.
Kurang lebih ini yaitu meningkatkan secara optimal SEO onpage sitewide yang perlu anda perhatikan ketika anda menciptakan website anda .

Optimasi SEO onpage pada beranda atau homepage

Selain semua hal yang ada di atas, ada beberapa meningkatkan secara optimal embel-embel yang perlu anda lakukan pada halaman homepage anda untuk membantu halaman web anda mendapat ranking.
  • Jika anda menciptakan website dengan niche yang spesifik dan mengincar kata kunci tertentu, maka sebaiknya anda menaruh kata kunci tersebut di dalam judul dan di dalam paragraf pertama, alasannya yaitu ini yang akan ditayangkan di halaman home dari website anda. Ini akan sangat membantu dalam menjaga kepadatan kata kunci di halaman homepage anda.
  • Ingat untuk selalu memasang read more di setiap artikel baru. Jangan membiarkan artikel ditampilkan utuh di halaman homepage, alasannya yaitu setiap pembuatan artikel baru, maka artikel usang akan tenggelam. Menampilkan artikel dengan utuh akan menciptakan perubahan susunan kata menjadi sangat drastis, dan ini sanggup menciptakan Google mengkalkulasi ulang halaman web anda dan menghasilkan perubahan nilai yang sangat besar, sehingga web anda akan sulit untuk stabil di peringkat tertentu.
  • Jika anda menciptakan banyak niche/kategori, maka usahakan setiap niche memiliki kolom artikel-artikel terbarunya sendiri di halaman homepage.
  • Pastikan judul utama website anda berisikan kata kunci utama dan menggunakan heading H1...dan gunakan H2 untuk judul-judul artikel.
  • Sedapat mungkin mengusahakan ada 1000 kata pada halaman homepage anda dan pengulangan kata kunci antara 2% hingga 5%. Kepadatan kata kunci sanggup lebih tinggi dari ini selama pengulangannya itu dalam bentuk link dan bukan teks biasa.
Kurang lebih ini yaitu hal yang penting untuk anda perhatikan ketika melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO onpage pada halaman homepage anda.

Optimasi SEO onpage pada halaman artikel

Halaman artikel yaitu halaman yang akan diandalkan untuk memenangkan kata kunci panjang dan ini yang akan menjadi sumber trafik anda ke depannya. Makara sebaiknya anda selalu serius menciptakan artikel anda. Jauh lebih baik menciptakan 1 artikel yang serius daripada 10 artikel yang asal jadi.

Jika anda menciptakan artikel selalu usahakan untuk memperhatikan hal-hal yang ada di bawah ini:
  • Usahakan panjangnya lebih dari 1000 kata
  • Jika anda menciptakan artikel untuk persaingan yang sangat berat, maka buatlah artikel utama dan puluhan artikel pembantu yang membahas topik yang sama dengan artikel utama sambil melaksanakan internal link.
  • Lakukan cetak tebal sekali saja pada tiap kata kunci di dalam artikel.
  • Jangan melaksanakan internal link dengan halaman yang tidak ada relevansinya dengan pembahasan artikel
  • Jika harus memasang eksternal link usahakan tidak melebihi 2 link dan pastikan itu yaitu link yang paling relevan dengan halaman web anda. Bagaimana cara mengetahui itu yaitu situs yang paling relevan? Praktis saja lakukan pencarian di google dengan menggunakan kata kunci dari anchor text link yang akan anda buat.
  • Gunakan media lain berupa gambar atau video, dan jangan lupa aplikasikan alt tag pada gambar
  • Usahakan goresan pena anda berkualitas alasannya yaitu tujuan dari melaksanakan SEO yaitu mendapat pengunjung yang akan berkunjung kembali. Pengunjung yang kembali ini yaitu pengunjung yang akan melipatgandakan jumlah pengunjung harian anda nantinya
  • Sebenarnya tidak ada yang namanya kepadatan kata kunci, tapi kalau anda ingin merasa aman, maka anda sanggup menjaga jumlah pengulangan kata kunci dalam batasan 2 hingga 5 persen dari jumlah kata di dalam artikel.
  • Gunakan widget artikel terkait, atau lakukan internal link secara manual. Jika memungkinkan, maka usahakan biar link pada sidebar hanya menampilkan artikel yang relevan dengan artikel dalam halaman tersebut
  • Frekuensi update sangat penting jadi usahakan anda sanggup melaksanakan update yang sangat rutin ketika membangun website anda.
Inilah poin-poin utama dari meningkatkan secara optimal SEO onpage yang berkenaan dengan artikel.

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan SEO Onpage

Bagi anda yang sudah membaca artikel di atas maka tentunya anda akan tahu bahwa hal-hal penting yang perlu anda hindari dalam SEO onpage sudah disinggung beberapa di atas, tetapi di sini akan saya perjelas lagi.
  • Hindari link keluar berada di bab atas atau kiri halaman atau lebih dulu dari konten utama, walaupun itu yaitu sosial media anda sendiri.
  • Hindari link menuju website yang tidak relevan walaupun itu yaitu link dari website anda sendiri
  • Dalam melaksanakan SEO onpage, penggunaan kata kunci itu sebaiknya alami saja, jadi hindari melaksanakan penumpukan kata kunci. Ini justru mengganggu pembaca website anda.
  • Script yang lambat dimuat sebaiknya dihapus saja atau pindahkan daerah penyimpanan scriptnya
  • Hindari problem pengindeksan dengan selalu mengecek apakah server anda berfungsi dengan benar dan tidak memblokir robot dari search engine
  • Hindari Google mengindeks halaman yang menggunakan title tag yang sama dengan memastikan judul setiap halaman berbeda. Dan kalau sebuah judul memiliki beberapa versi tampilan sebaiknya blokir versi yang lain dari robot mesin pencari dengan menggunakan robots.txt.
Kurang lebih inilah yang harus anda perhatikan ketika anda melakukan SEO onpage. Mungkin banyak istilah yang tidak dipahami di dalam artikel di atas, sekali lagi .... anda sanggup melaksanakan googling untuk memahami istilah-istilah di dalam panduan SEO onpage ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Redirect/Pengalihan Blogspot.Com Ke Co.Id

Cara Melaksanakan Meningkatkan Secara Optimal Seo Onpage

Pengaruh Kecepatan Halaman Web Terhadap Seo